2/5/12

Kemana saja di Jakarta?



Hm, lama ga nulis blog, maaf ya! Sibuk soalnya. Sibuk nganggur. Sibuk senang-senang. Sibuk males-malesan. Sibuk ngurusin masalah wisuda. Dan setelah wisuda sibuk ngurusin lanjut dimana. Akhirnya disebut mahasiswa pascasarjana, euy! Nah, sambil nunggu urusan kuliah kelar, saya pergi jalan-jalan dulu lah yaaa..

Selama melipir di Jakarta, dapet apa aja? Kemana aja?

Hm, dapetnya? Saya dapet perbandingan! Hehe. Well, Jakarta boleh dong bangga, dengan sistem trasportasinya. Udah ada busway dengan shelter-shelternya yang jelas banget. Namun, yang paling bikin saya males adalah naik busway pada jam orang pergi atau pulang ngantor. Eiwh! Gak banget deh! Penuhnya itu loh. Saya bisa liat kepenatan luar biasa warga Jakarta kalau udah jam-jam habis maghrib, ngelihat mbak-mbak yang tidur dengan posisi duduk berhimpitan dengan muka masih penuh make up dan memangku hand-bag, ngeliatnya aja bikin saya jenuh, apalagi mbaknya ya? Yang mesti berangkat jam 7 pagi dari rumah dan berhimpitan di busway lagi jam 7 malam. Kalau rutenya Plaza Indonesia atau daerah jalan Gatot Subroto – Kemayoran sih ga papa, tapi kalau udah yang dari ujung ke ujung waduh! Saya gak bisa ngebayangin. Selain itu Jakarta punya Commuter Line, yah, kereta listrik lah ya, kereta listrik yang saya naikin dari Juanda ke Depok lumayanlah, meski ketauan barang seken dari Jepang karena masih ada sticker tulisan-tulisan Jepangnya, tapi lumayan bagus dan nyaman. Udah gitu, mas-mas pembaca pengumuman di stasiun kini semakin jelas! Kalau stasiun dulu kan, suaranya ga jelas, suaranya berisik, udah gitu cepet banget bacanya sekarang kalo denger pengumuman di stasiun seperti dengerin radio pada frekuensi yang tepat bersih dan jelas suaranya, suaranya juga suara mas-mas bukan orang tua hehe (based pengalaman di stasiun Juanda). Kalau macet udah biasa ya. Udah pada tau kalau di Jakarta pasti macet, dan perbandingan awan. Wuih, kalau hari kerja dan jam-jam operasional langit Jakarta itu abu-abu tua dan seperti terselubung kabut gitu. Kalau week-end nah, agak mendingan.

Kemana aja?

Pasar Senen : atau Senen Jaya, saling memunggungi dengan terminal Senen, nah ini toko yang penuh dengan jam tangan, kacamata, dan tas! Tapi tetep yang paling banyak jam tangan dan kacamata. Pusat grosir! Jadi kalo beli per piece mahal dibandingkan beli lusinan. Rata-rata jam tangan harganya 20-25 ribuan satunya, kalau ambilnya sepuluh misalnya, bisa jadi 15-20 ribuan satunya. Nah jam tangan disini desainnya up to date banget dah!

Thamrin City: Dari Bundaran HI atau Plaza Indonesia jalan kaki lima menit nyampe deh. Pusatnya pakaian wanita yang modis-modis, juga baju muslim, jilbab, tas-tas juga. Hmm, kalau pinter nyari bisa dapet yang bagus dan murah meriah. Di lantai 2, ada beberapa toko yang cuci gudang, jadi barang-barangnya dibanting habis-habisan, saya dapet cardigan + kaos panjang yang sepasang hanya 35 ribu, dua pieces loh!


ITC Mangga Dua: Nah gedung shopping centrenya Mangga Dua nih banyak banget. Di pinggir jalan dari shelter busway aja keliatan dua gedung besar yang tulisannya Mangga Dua tapi yang ramenya adalah Mangga Dua yang di belakang rel, kalo ga kuat jalan, dari shleter busway naik angkot yang warna biru muda yang ada tulisannya Mangga Dua-Pasar Pagi. Disini juga pusatnya baju-baju unik dan cakep-cakep, tas-tas, sepatu, dll. Tau apa yang saya beli? Piscok alias pisang coklat haha, karena di setiap lantai terdapat penjual cemilan yang nyelip-nyelip diantara counter bahkan udah kayak bar gitu, asik banget. Baju-baju disini terkenal desainnya yang modis, up to date banget, fashionable, dengan rata-rata harga 50 ribuan ke atas.

Depok: Nah, berhubung sahabat saya kuliah disini, walaupun kampusnya di Salemba, tapi kurang afdol rasanya kalau kita belum mainan ke kampus satunya. Karena yang di Salemba kampusnya di pinggir jalan, kayak gedung perkantoran pada umumnya. Karena UI Depok diluar Jakarta, kita naik commuter line dari Juanda-Depok, kira-kira sejam deh nyampe deh. Begitu turun stasiun langsung masuk jalan depan kampus, ada kandang rusa dengan rusa-rusa yang sangat kurus (kasian) sampe di kampus UI, waw kampusnya ijo banget, banyak banget ditanam pepohonan, jadi hawanya sejuk, selain itu terdapat banyak peminjaman sepeda gratis kalo mau keliling-keliling kampus, ada juga bis go green-nya loh. Nah kampusnya sih lagi sepi soalnya kan pada libur kuliah, tapi justru dipenuhi oleh mahasiswa-mahasiswa asing, rata-rata mahasiswa dari Jepang, Korea, ada juga sih yang bule-bule yang sepertinya memperdalam bahasa Indonesia. Karena mereka berseliwiran di Fakultas Ilmu Budaya. Selain itu, dilanjutkan melihat-lihat jembatan teksas (yang menghubungkan fakultas Teknik & Sastra), dan juga ngeliat perpustakaan UI yang bentuk bangunannya unik banget, sebelum pulang, mampir dulu ke pasar depok UI yang berada di bawah jalan rel kereta api! Jadi kalau ada kereta api lewat goyang-goyang gitu, tapi untuk yang klaustrofobia ga papa, soalnya cuma sebagian aja kok tokonya yang pas di bawah rel kereta yang gelap.

Dufan, Ancol, Gramedia Matraman: Yah pada tahulah ya di Dufan dan Ancol ngapain, waktu kami ke sana sayangnya angin lagi kenceng banget disertai hujan.

Kota Tua: Nah ini yang kami kunjungi sebelum beranjangsana ke Cipayung (daerah TMII) dan Tangerang, Kota Tua ini merupakan kumpulan bangunan tua dan bersejarah yang masih dilestarikan #lengkapnya baca khusus tentang Kota Tua ya.

Hm..secara garis besar tempat-tempat itulah yang saya kunjungi dalam seminggu. Always, too many places to go and so little time.

3 comments:

  1. Potonya kurang buuuuuuuuuuuu!!

    Btw, d UH jg sdah ada rusa-rusa, kurus-kurus juga :p

    ReplyDelete
  2. hahaha thank youuuu iyaa nihhh soalnya kalo aplot poto lama benerrr,iyaaaa next posting be better-lah hihi

    ReplyDelete