9/21/12

Biaya-Biaya di Phuket

Mungkin karena rasa bersalah akibat prokrastinasi saya untuk menulis blog ini, akhirnya saya seperti 'kesetanan' tiba-tiba pengen nulis semua perjalanan yang telah saya lakukan dalam tahun ini plus beberapa tulisan tentang perjalanan sebelumnya.

Saya merasa ulasan saya tentang backpacking saya ke Malaysia dan Thailand kok masih ngerasa kurang aja ya, serasa ada yang belum saya tulis, padahal saya janji bakal share tentang perjalanan saya terutama mengenai biaya-biaya. Baiklah ini penjelasannya:

Sesampai di terminal, lanjut naik taksi menuju Patong Beach (tempat gaulnya dan paling banyak penginapan atau hostel) dengan harga 175 Baht (setelah nawar) sesampainya kita diturunin di deket Patong Beach dimana banyak toko-toko sepanjang jalan ya kira-kira kayak di Sunset Road-nya Bali lah, dari situ muter-muter deh cari hostel, karena kita ga booking via online, jadi pakai metode go show alias masuk-tanya-masuk-tanya-compare! cari yang paling murah dan fasilitasnya yang bagus seperti kebersihan, kamar mandi di dalem, akses wi-fi, dan sarapan. Beberapa hostel ga nyediain sarapan sehingga harganya beda 20-50 Baht. Hotel yang saya tempati bagus banget untuk backapacker dan tergolong mahal, hehe karena fasilitasnya lengkap, bersih, sarapan, air anget, semuanya udah masuk, selain itu kalau ga bawa laptop, ada komputer dideket resepsionis, hotelnya kecil tapi lengkap banget, dan hampir semua yang nginep disitu orang-orang Arab yang bisa dikata menengah ke atas, karena kami ambil double bed, jadi kami share per malam 300 Baht per orang.


Malam harinya, kami keluar untuk nyari makan malam sekalian liat-liat kehidupan yang terjadi di sini,dan memang terbukti, tempat ini sangat cocok untuk hedonisme, hehe. Mulai dari club, tempat makan, tempat ngumpul sambil minum, dan lain-lain. Selain itu, show di pinggir jalan juga banyak, dengan cewek-cewek atau menyerupai cewek yang aduhai.

Sambil menelusuri jalan di pinggir pantai Phatong ini, kita sekalian liat-liat menu yang ada, hati-hati untuk yang muslim sebenernya susah banget nyari makanan yang halal, karena disini kawasan yang bisa dibilang jauh dari kawasan Muslim, jadi ya tanya aja dulu sebelum memesan, untuk harga, rata-rata restoran atau tempat makan menyediakan buku menu di depan, jadi yaaa namanya juga hemat cuek aja bolak-balik buku menu dulu, kalo ga cocok ya udah capcus aja hehe.


Hari selanjutnya, yaitu hari keliling kawasan ini, saya menyewa motor yang per harinya 200 Baht untuk mengunjungi kuil yang masuknya 100 Baht untuk dua orang, dan beberapa pantai yang kesannya agak hidden karena emang tempatnya nyempil dan agak eksklusif, tapi masuknya gratis. Emang ga cukup sih muterin semua pantai yang ada di kawasan ini dalam sehari.

Malemnya kita muter-muter ngeliat paket-paket wisata ke pulau-pulau yang sering banget dipasang sebagai iklan pariwisata Thailand, apalagi kalo ga, James Bond island, Phi-phi, Krabi, dan lain-lain.

Paket wisata ini harganya 800 Baht, ya sepaket anter-jemput naik minivan, briefing sambil minum teh anget sebelum berangkat, peminjaman life-vest dan alat snorkeling, makan siang. Enaknya sih liat poto-pota aja kali yaa...



Kalau mau snorkeling, jangan lupa untuk pemanasan dulu, soalnya sesampai di hostel biasanya baru kerasa pegel-pegelnya hehe..

3 comments:

  1. hai, lagi blogwalking tiba-tiba nemu blog kamu. aku ada rencana mau kethai jg brg temen-temen. boleh tau nama hotel tempat km nginep apa yaa? trus itu didaerah mana? trims :)

    ReplyDelete
  2. :) hari itu saya nginepnya di daerah patong beach,di little mermaid hotel :D

    ReplyDelete
  3. hai chica, masih ada nama perusahaan tour yang menyediakan paket seharga 800thb itu nggak ya? bulan depan mau ke phuket tapi keliling online rata2 ditawarin harga nya 2000-3000 thb untuk phi phi ataupun james bond :(

    ReplyDelete