1/3/13

Kesan Pesan, Suka Duka, dan lain-lain

Sebentar lagi saya akan menyelesaikan gelar lanjutan saya di kota ini, antara sedih dan bahagia sih. sedih karena ya mesti pindah ke tempat lain dan mulai dari nol lagi alias adaptasi lagi, bahagia karena berarti selesai satu kewajiban. 

Saya jadi mengenang perjalanan-perjalanan yang pernah saya lakukan selama beberapa tahun terakhir ini yang masing-masing punya cerita.

Di kota ini saya jadi bertemu orang-orang baru, di kampus, di tempat kursus bahasa, dan temannya teman yang akhirnya jadi rekan seperjalanan waktu mendaki beberapa gunung.

Saya jadi bersyukur, keluarga saya terutama orang tua saya mengajari saya untuk cepat beradaptasi sama linkungan baru, maklum orang tua saya bekerja di perusahaan yang wilayah operasinya tersebar di banyak tempat, jadi saya tau rasanya pindah dari tempat yang nyaman ke tempat yang semuanya serba asing. Yang rasanya jadi anak desa sendiri di tengah anak-anak kece kota (haha), tapi saya beruntung dengan begitu saya diajak kenalan beberapa anak yang mungkin awalnya kasihan sama saya yang menemukan saya terdiam membisu dan hingga kini mereka jadi sahabat-sahabat saya.

Semua yang saya raih, tempat yang saya kunjungi, awalnya berawal dari rasa iri (hehe) ngeliat orang-orang yang mengunjungi tempat-tempat yang indah, tempat-tempat yang belum perah saya liat sebelumnya, jadi berkembang ke mimpi, mimpi berkembang ke target, target berkembang jadi mikir gimana ke sananya.


Yang paling bikin saya berkesan sama diri saya sendiri (narsis) gara-gara mau liat pantainya Thailand saya sampe nekat kerja part-timer jadi pelayan di restoran franchise terkenal, yang pernah saya bahas dipostingan blog sebelumnya, saya bekerja selama 8 jam, dan itupun gak langsung pulang, tapi mesti beberes beberapa hal sebelum pulang seperti refill botol saus dan sambel jadi kira-kira jam kerja bisa 9 jam, saya inget banget pegelnya saya pegang buku menu menyambut customer, mengepel lantai, membawa piring dan gelas di tray yang masih bikin saya gemeteran, melipat tisu, dengerin customer yang cerewet, ngadepin customer yang jutek dan suka underestimate terhadap pekerja-pekerja kayak saya saat itu, dan tidak berhenti melihat jam (haha), saya juga suka heran, karena saat itu saya juga sambil melakukan penelitian untuk skripsi saya, saya biasa berangkat kerja sekitar jam 10 pagi dan jarak rumah dan tempat kerja saya yang satu jam dan saya sampe rumah jam 10 malem, ngeri ya? belum lagi ditambah papasan sama orang mabuk atau bencong-bencong di pinggir jalan, pulang biasanya saya ga langsung tidur, tapi buka laptop dulu untuk ngerjain revisian atau baca teori mengenai penelitian saya, belum lagi tambahan mesti periksa pekerjaan-pekerjaan junior saya karena saya juga saat itu jadi asisten beberapa laboratoriu.

Masing-masing perjalanan punya ceritanya sendiri misalnya waktu di Bali tahun 2009, misalnya saya inget saya sama temen-temen saya malem-malem keluyuran ga jelas di sunset road, niatnya mau nongkrong tapi ga jadi karena pada kelaperan, atau niat banget main ke waterboom dan kita ternyata dateng kepagian, daripada mati gaya, akhirnya kita sok-sok-an berjemur di Pantai Kuta yang ga terlalu jauh dari situ. Belum lagi waktu iseng-iseng nggimbalin rambut, dan akhirnya beberapa gimbal saya ga bisa dilepas dan saya mesti gunting beberapa cm rambut saya, asli jadi gimbal itu berat dan gatal!

Waktu di Thailand, kawasana Phatong Beach, mau shalat rasanya susah banget. Kalau di Indonesia kan kita kebiasaan denger adzan, disana asli ga ada, karena bukan kawasan muslim. Biasanya kalo di kampung orang, saya dengan gampang jadi morning person, jangan harap disana kayak disini di mana pagi-pagi pada sibuk dan jualan sarapan, melainkan muntah orang mabuk dimana-mana, toko-toko yang masih pada tutup, mbak-mbak yang keluar dari hotel dengan baju tidak rapi dan muka lelah (you know-lah maksud saya). Saya inget banget pagi hari itu, saya keluar dari hotel jam 7 jalan ke arah pantai mencoba memotret beberapa objek, dan yanng lihat hanyalah beberapa pasangan bule yang berolah raga di pantai, dan keluarga yang punya anak-anak kecil bikin istana pasir! Hampir ga ada anak-anak mudanya mungkin karena masih hang over akibat malem sebelumnya.

Selain itu, pengalaman saya mendaki gunung misalnya gunung Papandayan, yang penuh dengan sumber gas sulfur dimana-mana dan baunya yang sangat menyengat, dan bikin pusing belum lagi asap yang ditimbulkannya dan bikin ga bisa liat ke depan dengan jelas ditambah lagi kanan-kiri jurang dan jalan setapak yang kecil, dan ditambah tekanan darah saya yang suka drop kalau bener-bener capek dan oksigen kurang, akhirnya saya duduk di setiap batu yang saya temui, saya inget banget temen-temen pendaki lain yang sabar nemenin saya dan selalu menunggu saya bener-bener kuat untuk lanjut lagi. Waktu mendaki gunung Gede juga, saya inget waktu sudah di puncak yang bener-bener ga ada airnya, jadi mesti bawa air dari sumber mata air yang di surya kencana yaitu lembah edelweiss di bawah dan kira-kira1-2 jam dengan jalan biasa dari puncak, saya jadi minum banyak-banyak dan malem harinya saat semua orang sudah tidur dan api unggun pun dimatikan saya kebelet banget pipis. Tidak pernah saya kebelet seperi itu sebelumnya seumur hidup saya, dan parahnya saya tidur di ujung dalam tenda, dan saya lupa meletakkan senter dimana. Nyoba bangunin temen ternyata ga ada yang mempan, akhirnya saya nyerah dengan menutup mata saya dan berharap pagi segera datang, dan itu ternyata masih jam 1. Akhirnya saya hanya menutup mata tanpa tertidur, menahan pipis, dan mendengar ngorok anak-anak lain dari tenda sebelah (haha) saat subuh pun tiba dan saya dengar alarm teman, saya meloncat dan keluar tenda masuk ke semak daaaan...pipis sambil melihat sunset dari Gunung Gede dengan leganya. Bener-bener gak akan saya lupakan!

Waktu di Kuala Lumpur menuju Batucaves saya sama temen saya juga pernah salah naik kereta api dan baru sadar saat melihat peta yang di pasang di kereta asli bikin panik karena gak mau rugi dong, akhirnya kita turun di stasiun berikutnya dan berbalik arah dari situ kita jadi ketemu beberapa bule yang juga nyasar dan akhirnya jadi kenalan dan ke Batucaves sama-sama. Juga waktu saya mau balik ke Indonesia, karena pesawat saya sangat  pagi sebelum kereta terpagi jalan (maklum promo!) jadilah saya ngerasain yang namanya tidur di bandara, di kursi bandara yang asli bikin pegel, mau masuk ke salah satu restoran fast food yang buka 24 jam tapi udah pada penuh dengan orang-orang yang datang sebelumnya, dan jadilah saya bergabung dengan kelompok TKI yang akan pulang juga pagi itu, dan saya ga bisa tidur karena...ribut! jadilah tidur-tidur ayam dan yang bikin kesel, pengumuman check-in open pesawat saya tidak ditampilkan, ternyata saya hampir jadi orang terakhir yang check in, dan ternyata waktu pengurusan paspor untuk kembali pun ngantri, jadilah saya deg-degan mampus saat 15 menit sebelum berangkat, backpack saya pun bermasalah dan disuruh bongkar karena tidak lolos akibat security alarm, ternyata oh ternyata karena kalung logam yang ada di tas saya yang terselip di tumpukan-tumpukan baju grrr...dan jadilah saya sprint mengeluarkan bakat saya waktu SMA sepanjang LCCT, dengan backpack hampir 15 kg, dengan sendal batu-batu cantik yang tipis (hehe), dan teriak-teriak nama pesawat saya dan tujuan saya, untung petugas disana memberi tanda kalau masih ada satu penumpang yang lari-lari bego kayak saya ini, begitu sampe saya dipelototin satu pesawat! Mantap banget!

 Nah, masih banyak sih cerita-cerita lain yang akan saya tulis dipostingan selanjutnya. Ok?




5 comments:

  1. Sumpah.. ini blog seru banget untuk dibaca.
    Salam kenal ya...
    ditunggu postingan selanjutnya. next time mau ke kota di negara mana lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih, Brillie udah mampir hehe :D okey okey jadi semangat saya nulisnya..sementara ini di indonesia dulu kali yee yg deket2:D sambil nabung buat destinasi internaisonal lainnya mweheheh

      Delete
  2. heh orang gila... edan bener emang kamu.. but ilove your story,,, maybe next time i will joint with you to be backpaker.... hahahahahahaha

    ReplyDelete
  3. B) iyaa tapi nanti kalo di jalan nda boleh nangis minta pulang

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahahahaha.... asalaku ga dipukulin aja.. :p

      Delete