5/15/16

Gunung Gede-Pangrango

Bangga dong jadi orang Indonesia, karena punya segalanya. Gunung, pantai, pulau, gua, pemandangan bawah laut, dan masih banyak hal lainnya yang tiada duanya dan objek yang gak akan habisnya dikunjungi saking luasnya bumi Indonesia.

Karena pantai udah sering, kali ini saya membahas perjalanan saya mendaki Gunung Gede-Pangrango, yang terletak di Cianjur, gunung ini letaknya bersebelahan, dan di bawahnya terdapat Taman Nasional, sebelum mendaki ada administrasi yang harus diselesaikan, yaitu izin mendaki, dengan menyetor fotokopi KTP dan membayar lima belas ribu. Karena taman nasional, jadi ya ga bisa seenaknya aja, sebelum naik, kita bakal melewati pos dan kelengkapan administrasi kita dicek, oya, dan dilarang untuk pake sendal, mesti pake sepatu khusus sepatu pendaki itu. Sasaran rute pendakian saya yaitu Puncak Gede, kalo sempet, ya sekalian sama Puncak Pangrango-nya, tapi berhubung memanfaatkan libur, jadi rencana utamanya cuma Puncak Gede yaitu 2.958 m dpl, karena kalau digabung Puncak Pangrango bakal perlu tambahan satu hingga dua hari.

Pendakian dimuali pukul 7 pagi, setelah sarapan, ke pos terlebih dahulu, dan dimulailah pendakian ke Puncak Gede. Dokumentasi saya selama perjalanan ke puncak dengan kamera saya tidak terlalu banyak, karena belajar dari pengalaman sebelumnya, pemandangan di puncak lebih terkesan, Selain itu, ya hemat-hemat energilah, karena udah berat, medan yang semakin menanjak, dan semakin berat membuat saya mesti fokus selama pendakian. Kalau gak, bakal cepet haus, napas semakin cepat, karena, oksigen semakin terbatas yang tidak berimbang dengan aktivitas dan detak jantung.

Kira-kira setelah kurang lebih 7 jam pendakian, atau sekitar jam tiga sore, tibalah di padang bunga edelweiss yang disebut sama para pendaki Surya Kencana, dari sini puncak masih sekitar 2-3 jam lagi, dan puas-puasin deh ambil air karena disini ada mata air, jadi saatnya mengisi perbekalan untuk di puncak nanti.

Setelah beres, pendakian dilanjutkan ke puncak yang ternyata medannya gak ramah. Berbatu-batu dan sangat curam, jadilah saya ngesot maupun merayap, segala usaha dan gaya yang memungkinkan dilakukan. Setelah kurang lebih satu jam akhirnya sampailah di puncak Gunung Gede 2.958 mdpl.

Dari sini kita bisa lihat puncak Gunung Pangrango yang ada di seberang. Bukti betapa kayanya bumi Indonesia.






No comments:

Post a Comment