5/15/16

안녕하세요, Selamat Datang di South Korea

Mungkin ini bisa dibilang rangkuman perjalanan terbaru saya. Kali ini akhirnya saya mendapatkan cuti tahunan pertama. Finally!

Saya bukan KPop fans dan jujur saya tidak mengikuti perkembangan mengenai negara ini. Alasan saya menjadikan South Korea ini sebagai destinasi saya adalah pertama teman baik saya ada di sini, tinggal dan menetap disini, kedua ada promo tiket murah, dan ketiga ya jalan aja deh yuk.

Penerbangan ditempuh dari Balikpapan ke Kuala Lumpur dan dari situ saya akan lanjut ke Incheon International Airport, South Korea. Karena ini bukan bound flight, jadi mesti pinter-pinter menyesuaikan jadwal. Sehingga saya punya waktu 10 jam untuk menikmati Kuala Lumpur sebelum melanjutkan penerbangan ke South Korea.

Dari Kuala Lumpur ke Incheon ditempuh dalam waktu enam jam. Jadi saya berangkat jam 1 subuh dari KLIA 2 dan mendarat di Incheon International Airport jam 8 pagi waktu Korea, perbedaan waktu satu jam dari waktu Indonesia tengah atau waktu Kuala Lumpur, kayak saya terbang ke Manokwari hehe.

Begitu mendarat di Incheon International Airport, saya harus berjalan melewati beberapa petugas, untuk turun menuju subway yang akan membawa ke bagian imigrasi dan terminal kedatangan. Antriannya luar biasa dan nguler banget alias sangat panjang, karena hanya beberapa counter yang dibuka, beruntung, tidak lama petugas mengarahkan separuh antrian, termasuk saya, ke counter yang baru dibuka. Salut banget, mereka kerjanya cekatan.


Tiba giliran saya, petugas mengecek paspor dan VISA saya kemudian meminta melihat ke arah kamera dan finger print, yang harus saya ulangi dua kali. Tidak ada masalah, dan annyeonghaseyo, Korea.

Saran saya sih kalau mau cepet sebaiknya ga usah mampir-mampir di toilet untuk touch up, kebanyakan kan cewek gitu (termasuk saya) akibat penerbangan yang lama dan takut terlihat kusam,  kecuali kebelet banget. Karena kalau kita nyantai-nyantai dan berlambat-lambat bakal lama juga ngantrinya, ngantri subway dan ngantri imigrasi.

Setelah selesai dengan imigrasi tiba saatnya mengambil bagasi yang tidak memakan waktu yang lama, lima menit pun bagasi sudah bersama saya dan cus ke pintu keluar.




1 comment: